A.
Pengertian
Kegiatan Kelompok Belajar
Pengertian
kelompok belajar/ belajar kelompok adalah suatu kegiatan belajar yang dilakukan
bersama – sama guna menyelesaiakan persoalan – persoalan yang berkaitan dengan
belajar. Hal – hal yang diperhatikan dalam kegiatan kelomok belajar adalah :
1.
Pembentukan kelompok
Kelompok
dalam KKB dibentuk atas bimbingan wali kelas, guru pembimbing atau prakarsa
siswa sendiri. Besarnya anggota KKB 5 – 8 orang, apabila KKB terlalu banyak
anggotannya dimungkinkan akan berubah fungsinya menjai arena gossip. Dalam
pembentukan KKB perlu diperhatikan:
a. Jarak
antar rumah dengan tempat belajar.
b. Kemampuan
anggota.
c. Kualitas
anggota.
d. Jenis
kelamin, diusahakan tiap kelompok terdapat siswa putra dan putrid.
e. Musyawara
nama kelompok, tetapkan nama yang menarik dan bermakna, nama kota/ Negara/
tempat yang menarik dan semua anggota kelompok menjadi bangga bila nama itu
disebut. Contoh nama kelompok :
ARAGANI : Anak Rajin Gabung Di Sini
CLEOPATRA : Clubnya Orang Patuh
Dan Trampil
ALBATROZ : Anak Rajin Zopan dan
Bijaksana
PITAGORAS : Pintar Tangguh Gotong Royong Rajin dan
Semangat.
PITALOKA : Pintar Tangguh Loyal dan Kompak.
f. Selanjutnya
rumuskan aturan/ tata tertib kelompok. Tetapkan aturan – aturan yang berkaitan
dengan kedisiplinan, kerapian, kerajinan, kesopanan, kekompakan dan motivasi
pencapaian prestasi belajar. Contoh :
ü Pasal
1 : Semua anggota kelompok harus selalu berpenampilan rapi.
ü Pasal
2 : Semua anggota kelompk harus saling menjaga kekompakan dsb
g. Lengkapi
aturan/ tata tertib kelompok dengan sanksi bagi pelanggran. Hindari sanksi/
hukuman fisik, rumusan sanksi yang bersifat kreatif dan mendidik, yang bila
sanksi itu diterapkan justru bisa menambah kekompakan dan keakraban. Contohnya
membawa makanan ringan saat pertemuan kelompok sebatas kemampuan, membersihkan
meja kursi anggota selama 3 hari berturut – turut, menggantikan kerja piket,
mentraktir anggota kelompok sebatas kemampuan dll.
2.
Tempat belajar
Tempat
penyelanggraan KKB diantarannya :
a. Di
rumah anggota dengan diatur bergiliran.
b. Di
ruang kelas pada sore hari.
c. Di
tempat lain yang memenuhi syarat antara lain adanya meja, kuris, penerangan dan
kenyamanan.
3.
Persiapan belajar
Agar
KKB benar – benar bermanfaat, setiap anggota wajib menyiapkan bahan – bahan dan
alat – alat belajar. Bahan dapat berupa soal – soal yang akan diselesaikan PR,
tugas – tugas yang akan dilaporkan hasilnya dab sebagainnya. Alat – alat dan
sumber belajar sepeti buku refrensi dan kamus harus pula disiapkan.
4.
Pengantar bicara
Secara
bergiliran tiap pertemuan KKB diantarkan oleh seorang anggota, untuk membuka
suatu pertemuan dan menyebutkan apa yang akan dibahas agar tujuan KKB tidak
menyimpang. Pembuka pertemuan sekaligus bertindak sebagai ketua saat itu.
5.
Waktu belajar
Waktu
pelaksanaan KKB harus dijadwalkan hari dan waktunya/ jam berapa. Setiap anggota
harus disiplin mentaati jadwal yang telah disepakati. Lama pelaksanaan bias 1,5
jam efektif ditambah 15 menit istirahat. Waktu yang terlalu lama dimungkinkan
digunakan untuk bergurau dan mengobrol.
6.
Cara pelaksanaan
Berbagai
cara untuk membangkitkan KKB diantarannya :
a. Membahas
dan menyelesaikan soal.
b. Tanya
jawab.
c. Memahami
kata dan istilah yang cukup kompleks.
d. Mencatat
pertanyaan untuk diajukan kepada guru di kelas dan lain – lain.
Hal
yang sangat berharga dalam KKB yang tersimpan dalam sanubari para anggota
setelah dewasa adalah “kenagan indah” saat aktifitas KKB. Masih tersimpan jelas
kesan – kesan kehidupan remaja pada saat mengadakan KKB dengan kelompoknya yang
penuh suka – suka. Nama – nama anggota KKB seakan terpatri dalam batin dan
menjadi sejarah kehidupan yang sulit dilupakan.
B. Latihan pembentukan KKB.
1. Buatlah
KKB dalam kelas masing – masing terdiri dari 5 – 8 orang anggota.
2. Bentuk
KKB merupakan kelompok campuran yang terdiri dari siswa putra dan putrid.
3. Pilih
salah satu anggota kelompok untuk menjadi ketua KKB, lengkap kepengurusan
kelompok dan seketaris, bendahara bila diperlukan.
4. Teknis
pembentukan KKB yetgantung pada kreatifitas siswa, tetapi, mengacu pada
penjelasan diatas.
5. Laporkan
hasil pembentukan KKB kepada guru pembimbing.
Laporan
Pembentukan KKB
1.
Nama Kelompok :
2.
Pengurus Kelompok :
a. Ketua :
b. Seketrais :
c. Bendahara :
d. Anggota :
3.
Aturan/ tata tertib :
4.
Sanksi pelanggaran :
|
C. Tugas 2 Pelaksanaan KKB.
Setiap kelompok
wajib melaksanakan KKB dengan topic dan waktu yang disesuaikan pada kebutuhan
kelompok. Setelah itu kelompok wajib melaporkan kegiatan pada guru pembimbing.
Hal – hal yang harus dilaporkannya:
1.
|
Hari/
tgl pelaksanaan
|
|
2.
|
Tempat
|
|
3.
|
Waktu
/lama KKB
|
|
4.
|
Siswa
yang hadir
(
Nama & TTD)
|
|
5.
|
Materi
bahasan
|
|
6.
|
Hambatan
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
hopefully benefit